Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudahnya Cara Membuat Halaman di Word

Mudahnya Cara Membuat Halaman di Word - BerhasilKlik


Apakah Sobat BerhasilKlik sedang berkutat dengan tugas? entah itu makalah, tugas akhir ataupun skripsi. Mungkin sobat masih kebingungan bacagimana cara membuat halaman di word. Nah di artikel ini Tim BerhasilKlik akan mengupas bagaimana cara membuat halaman berbeda di MS Word agar tugas sobat menjadi lebih rapi dan ketje badai. 

Membuat page number atau halaman berbeda di tugas kuliah atau bahkan skripsi kita bisa jadi cukup membingungkan bagi kita, meskipun ternyata hal itu bisa dilakukan dengan otomatis. Tak hanya itu, bahkan terkadang ada halaman yang harus diberi dengan penomoran romawi dan ada yang angka saja. Nah loh gimana. 

MS Word memang menjadi aplikasi pengolah kata yang paling populer dan banyak digunakan. Pasti kita tidak asing dengan tugas sehari-hari membuat dokumen di Word. Namun, ternyata tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat halaman di Word dengan efisien dan mudah. 

Jika sahabat sedang berkutat dengan hal tersebut, kesulitan membuat nomor halaman di word, simak artikel ini hingga tuntas dengan seksama ya. Semoga tips berikut ini bisa meningkatkan produktivitas dan menyajikan tampilan profesional dokumen sobat.

Cara Membuat Nomor Halaman di Word

Ini adalah basic step atau langkah dasar tentang cara memberi halaman di word. Berikut caranya: 

1. Langkah Pertama Pilih dan Klik Insert di Menu Bar

Pada dokumen yang akan diberi halaman, arahkan kursor atau tanda panah ke bagian menu bar yang terletak di atas (header). Kemudian klik "Insert". Di menu tersebut terdapat pilihan "Page Number" yang posisinya berada di dekat menu "Header" dan "Footer".

2. Klik Page Number

Klik "Page Number". Pilih letak nomor halaman yang akan dimasukan ke dalam dokumen word sobat atau yang sesuai dengan aturan penulisan tugas.

3. Pilih dan Klik Posisi Nomor Halaman

Ada beberapa pilihan posisi nomor halaman yang bisa diterapkan ke dalam dokumen sobat, yakni Top of Page, Bottom of Page, Page Margins, dan Current Position.

Berikut penjelasan posisi nomor halaman di MS Word.

Top of Page : Posisi letak nomor halaman berada di bagian atas dokumen.

Bottom of Page : Posisi letak nomor halaman berada di bagian bawah dokumen.

Page Margin : Posisi letak nomor halaman berada di dalam margin.

Current Position : Posisi letak nomor halaman sesuai dengan pilihan sobat.

Setelah menentukan di mana posisi nomor halaman di dalam dokumen sobat, maka klik posisi tersebut. Maka nomor halaman akan muncul sesuai dengan pilihan sobat.

4.    Format Nomor Halaman (Format Page Number)

Jika format nomor halaman tidak dipilih, maka default penomoran yang ditampilkan di MS Word adalah berupa angka (1, 2 dan seterusnya). jika sobat ingin mengubah format nomor halaman menjadi angka romawi misalnya, sebelum mengklik "Page Number" pilih "Format Page Numbers" terlebih dahulu. Di sana ada berbagai pilihan format, misalnya (1, 2, 3), (a, b, c), (i, ii, iii) dan lainnya.  

Nah itulah Cara Membuat Nomor Halaman di Word. Bagaimana? BerhasilKlik kan?

Cara Membuat Halaman Berbeda di Microsoft Word

Setelah menguasai basic skill Cara Membuat Nomor Halaman di Word, kini kita bahas Cara Membuat Halaman Berbeda di MS Word.

1. Pilih Halaman yang Akan Diberi Format Nomor Berbeda

Buka dokumen sobat dan pilih halaman yang nomor halamannya akan diatur dengan format penomoran yang berbeda. 

2. Pilih Posisi Nomor Halaman

Klik "Insert" dan kemudian "Page Number". Pilih posisi nomor halaman yang akan sobat gunakan, apaka itu di posisi "Top of Page, Bottom of Page, Page Margins, atau Current Position".

3. Pilih Format Penomoran

Di dalam menu "Page Number", klik "Format Page Numbers" lalu pilih format penomoran halaman sesuai dengan yang dibutuhkan. Di bagian "Page Numbering", masukkan nomor yang kita butuhkan di kolom "Start at" lalu klik "OK".

Cara Membuat Halaman Romawi dan Angka - BerhasilKlik
Cara Membuat Halaman Romawi dan Angka - BerhasilKlik


4. Klik Page Break

Setelah setting format penomoran selesai, hasilnya nomor halaman akan muncul. Letakan kursor di halaman yang akan dibedakan nomornya, kemudian pilih "Layout" dan klik "Page Break".

5. Klik Next Page

Klik ‘Next Page’ dan dua kali klik nomor halamannya. Kemudian, buat format nomor halaman yang berbeda dengan cara mengklik "Format Page Numbers". Nah sobat sudah berhasil membuat nomor halaman yang berbeda dalam satu dokumen Word. Bagaimana? Mudah kan?

Cara Membuat Halaman Romawi dan Angka

Dalam beberapa kasus, kita membutuhkan penomoran dengan format yang berbeda. Misalnya penomoran dengan angka dan romawi. Begini caranya:

1. Buka Dokumen

Langkah pertama tentu saja buka dokumen yang akan sobat buat halaman romawi dan angka. Arahkan kursor ke bagian paling bawah pada halaman pertama atau di halaman depan atau cover dokumen tersebut.

2. Pilih Menu Bar

Klik menu "Layout" dan pilih opsi "Breaks" setelahnya klik menu "Next Page".

3. Masuk ke Menu Header dan Footer

Klik dua kali pada "Header" atau "Footer" di halaman yang akan diberikan nomor berbeda. Hasilnya muncul menu "Header & Footer". Klik "Link to Previous" yang berada di sub menu "Navigation".

4. Pilih Posisi

Klik "Insert" dan "Page Number". Kemudian, pilih posisi nomor halaman yang sobat inginkan, misalnya di antara Top of Page, Bottom of Page, Page Margins atau Current Position.

5. Klik Format Page Number

Klik "Format Page Number" dan pilih angka romawi. Kemudian klik "Start at (i)," maka seluruh halaman akan menjadi nomor romawi.

6. Klik Menu Layout

Untuk menambahkan format angka pada nomor halaman, sobat perlu melakukan kembali seperti langkah awal. Arahkan kursor pada awal halaman. Pilih menu "Layout", kemudian klik "Breaks" dan "Next Page".

7. Klik Menu Header & Footer

Untuk memunculkan menu "Header & Footer", Klik dua kali di bagian atas atau bawah halaman. Lalu Pilih "Page Number" dan "Format Number", kemudian pilih angka. Atur halaman pertama di menu "Start at".’ Pilih "OK", maka dokumen sobat sekarang mempunyai nomor halaman berupa angka dan romawi.

Nah, demikianlah penjelasan tentang cara membuat halaman di word yang berbeda. 

FAQs (Pertanyaan Umum) yang Sering Ditanyakan tentang Cara Membuat Halaman di Word

- Apakah fitur halaman otomatis hanya berfungsi untuk halaman baru?

  Tidak, sobat bisa menggunakan fitur halaman otomatis di tengah-tengah dokumen untuk memisahkan sesuai kebutuhan.

- Apakah saya bisa mengganti ukuran halaman setelah dokumen selesai dibuat?

  Ya, sobat bisa mengubah ukuran halaman di bagian "Page Setup" meskipun dokumen sudah selesai dibuat.

- Apakah semua halaman harus memiliki header dan footer?

  Tidak juga, sobat bisa memilih untuk tidak menggunakan header dan footer di beberapa halaman jika diperlukan.

- Apakah saya bisa menambahkan nomor halaman di tengah halaman?

  Ya, sobat BerhasilKlik bisa menempatkan nomor halaman di tengah halaman dengan mengatur tata letaknya secara tepat.

- Apakah Word memiliki gaya heading yang dapat disesuaikan?

  Ya, sobat bisa mengubah tampilan gaya heading sesuai dengan preferensi Anda di "Styles" pada tab "Home."

- Apa saja halaman terakhir yang berbeda dapat digunakan untuk?

Halaman terakhir yang berbeda dapat digunakan untuk halaman penutup, halaman pengesahan, atau halaman referensi. []




Posting Komentar untuk " Mudahnya Cara Membuat Halaman di Word"