Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Laptop? Ini Caranya

Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Laptop - BerhasilKlik


Sinyal Wifi yang kuat dan lancar menjadi penunjang utama untuk mempermudah kita dalam mengakses internet ketika sedang mengerjakan tugas maupun suatu pekerjaan. 

Dikutip dari telecom university, wifi merupakan sebuah jaringan nirkabel yang biasa digunakan oleh perangkat komputer untuk dapat terhubung ke internet tanpa menggunakan kabel atau wireless. 

Istilah wifi ini sebelumnya digunakan untuk menggantikan LAN atau local area network atau jenis wireless berbasis standart protokol jaringan.

Melalui sinyal wifi kamu dapat mengakses internet dengan lancar dan cepat. Karena wifi adalah jaringan yang penyalurannya melalui udara, sehingga tak memerlukan kabel jenis apapun. 

Di balik kecepatan sinyalnya, ternyata sinyal wifi juga dapat melemah dan lemot. Hal tersebut tentunya akan sangat menggangu. Bagi kamu yang tengah merasakannya tak perlu risau lagi akan hal itu. Sebab artikel ini akan membantumu untuk tahu cara memperkuat sinyal wifi di laptop.

5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Laptop

Dilansir dari opencloud, inilah 5 cara memperkuat sinyal wifi di laptop. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Flushing DNS

Melakukan flushing DNS (domain name server) menjadi cara memperkuat sinyal wifi yang pertama. Saat melakukan flushing DNS, langkah utama yang harus kamu lakukan adalah dengan  mereset cache pada DNS laptop yang digunakan. 

Ini bertujuan untuk dapat menyesuaikan informasi ketika terjadi perubahan data pada DNS yang baru. Cara ini dilakukan ketika koneksi internet tidak stabil dan lemot. Begini langkah-langkah melakukan flushing DNS: 

Masuk ke Command Prompt 

Kemudian ketuk kanan

Klik bagian Run As Administrator.

Lalu ketik ipconfig/flushdns dan klik bagianEnter.

Setelah itu ketik ipconfig /renew dan klik bagian Enter. 

Ketuk close pada Command Prompt kemudian buka kembali akses internet. 

2. Pastikan Berada pada Lokasi dengan Sinyal Kuat

Cara memperkuat sinyal wifi di laptop yang selanjutnya adalah memastikan kembali lokasi yang kamu gunakan untuk mengakses sinyal wifi. Lokasi yang stategis untuk mengakses sinyal wifi dapat mencegah lemot pada jaringa. 

Cara jitu yang bisa kamu lakukan supaya sinyal wifi kuat yakni dengan berada di dekat router untuk mendapat akses internet yang cepat. 

Selain itu juga, kamu bisa memilih tempat yang tak terhalang tembok tebal atau besi untuk menaruh router. Kamu bisa memakai repeater atau wifi extender untuk memperluas jangkauan akses internet walaupun letak routernya jauh.

Kini jaringan wifi kamu tak akan lemot lagi. Tapi perlu diingat kembali untuk tidak menaruh router atau repeater dari alat-alat yang menggunakan Bluetooth juga microwave. Karena alat-alat tersebut dapat mengganggu sinyal wifi.

3. Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop dengan Mengubah QoS 

Jika kamu punya laptop dengan sistem operasi Windows 8 ke atas, maka ada cara memperkuat sinyal wifi di laptop yakni dengan mengubah pengaturan QoS. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Ketuk Start 

Kemudian pilih Run dan ketik “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip).

Klik Local Computer Policy ketuk menu Computer Configuration, lalu klik Administrative Templates.

Setelah itu, klik Network kemudian tekan QoS Packet Scheduler.

Tekan sebanyak dua kali pada menu Limit Reservable Bandwidth.

Pilihlah Enable dan ketik 0 pada bagian ‘bandwidth limit’. 

Tekan Apply.

Sebagai penutup, kamu bisa Restart komputer.

4. Mengatur IRPStackSize agar Lebih Tinggi

Cara memperkuat sinyal wifi di laptop lainnya yaitu dengan mengatur IRPStackSize supaya lebih tinggi. Lanngkah ini dapat membuat jaringan internet kamu menjadi cepat.

Umumnya, skor IRPStackSize hanya dipakai sebesar 15, tapi ternyata skor IRPStackSize dapat mencapai 50. Perlu kamu ketahui bahwa jika semakin tinggi skor maka koneksi internet kamu dapat semakin meningkat dan cepat. Berikut ini langkah-langkahnya: 

Tekan Start.

Pilih RUN kemudian ketik ‘regedit’. 

Ketuk HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameter.

Lalu klik kanan pada file DWORD dengan nama IRPStackSize, 

Selanjutnya pilih Modify dan ganti skor awal menjadi 50. 

Jika tak dapat menemukan file-nya, buatlah file baru dan beri nama DWORD dengan klik kanan, pilih NEW, pilih DWORD Value kemudian namai file IRPStackSize, dan buat skor Value menjadi 50. 

Tekan OK kemudian tutup Registry Editor.

Terakhir, restart komputer.

5. Ubah Posisi Antena Router 

Posisi antenna router yang tidak tepat dapat menyebabkan sinyal melemah. Jika dirasa keempat cara diatas tak dapat memulihkan peforma jaringan internet kamu, maka kamu bisa mengganti posisi pada antena router.

Pilihlah posisi yang strategis sehingga memungkinkan laptop kamu mendapatkan akses internet cepat dan kuat. 

Jadi begitulah cara-cara memperkuat sinyal wifi di laptop. Perlu diingat kembali jika langkah-langkah diatas hanya dapat kamu akses pada laptop saja. 

Akhir kata, semoga artikel ini memberi kebermanfaatan terhadap apa yang kamu butuhkan. Baca dan nantikan sajian artikel menarik kami yang hanya bisa diakses disini. Selamat mencoba dan semoga berhasil! []

 

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Laptop? Ini Caranya"