Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setting Wireless Router dengan Mudah dan Simple Melalui Handphone

 

Setting Wireless Router dengan Mudah dan Simple Melalui Handphone

Wireless merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan telekomunikasi satu perangkat dengan perangkat lainnya tanpa kabel atau media sejenisnya.

Saat ini teknologi komunikasi kian canggih seiring perkembangan zaman. Dulu, untuk berkomunikasi jarak jauh harus menggunakan telepon berkabel. Saat ini sudah ada telepon seluler yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan komunikasi jarak jauh tanpa kabel, bahkan hingga bisa bertatap muka lewat video call.

Lebih lanjut, wireless ini adalah sebuah teknologi dan media, dari jaringan seluler, perangkat Bluetooth, sampai jaringan WiFi lokal. Kinerja wireless ini sebenarnya mencakup semua jenis teknologi dan perangkat yang mengirimkan data dengan gaib (tidak terlihat), atau tanpa kabel. 

Teknologi wireless berupa komunikasi seluler, jaringan antar komputer dengan adaptor nirkabel, dan aksesori komputer nirkabel.

Jaringan nirkabel membuat perangkat untuk tetap terhubung ke jaringan tetapi menjelajah tanpa perlu terikat dengan kabel apa pun. Performa jaringan nirkabel lebih cepat dan aman jiika dibandingkan jaringan dengan kabel. 

Ada empat jenis wireless yang bisa kamu jumpai dan gunakan sehari-hari, yaitu WPAN (Wireless Personal Area Network), WLAN (Wireless Local Area Network), WMAN (Wireless Metropolitan Area Network), dan WWAN (Wireless Wide Area Network).

Melalui artikel ini, kami akan memaparkan lebih lanjut mengenai setting wireless Router atau WLAN (Wireless Local Area Network).

Sebelum lanjut ke materi cara setting wireless Router, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Router atau WLAN.

Wireless Router

Wireless Router adalah sebuah perangkat yang melakukan fungsi router dan juga termasuk ke dalam fungsi dari wireless access point. Wireless Router ini membuka akses jaringan ke internet yang dapat berfungsi sebagai jaringan LAN dan Wireless LAN. 

Meskipun menggunakan jaringan wireless WLAN juga memiliki port LAN yang digunakan untuk jaringan kabel LAN.

WLAN ini bisa menjangkau jaringan lebih dari 2 km, dan dapat menghubungkan lebih dari dua perangkat sekaligus. Akan tetapi, jaringannya sangat mudah diretas oleh tangan-tangan nakal. Untuk itu, kamu harus lebih meningkatkan keamanannya supaya tidak mudah diretas.

Cara Setting Wireless Router

Artikel ini akan membahas tentang cara setting wireless router melalui handphone sesuai dengan kutipan dari teknohits. Namun sebelum itu, hal utama yang perlu kamu lakukan ialah dengan menyiapkan router kamu dengan TP-Link Tether.

Ketika kamu hendak mengatur, pastikan keadaan router kamu ada dalam daftar perangkat yang kompatibel dan dalam kondisi firmware router mutakhir. Paling tidak, perangkat kamu harus memiliki Android 4.0 / iOS 7.0 dan di atasnya.

Berikut adalah cara untuk setting wireless router TP Link kamu dengan menggunakan HP android:

1. Download aplikasi TP-Link Tether.

2. Pastikan handphone kamu sudah terhubung dengan jaringan Wi-Fi router TP-Link yang ingin kamu atur.

3. Sesudah terinstal, buka aplikasi TP-Link Tether.

4. Ketuk gambar router kamu di menu bernama Local Devices.

5. Ketikkan kata sandi baru yang mau kamu gunakan.

6. Pilih jenis koneksi internet yang kamu gunakan pada menu yang bertuliskan Quick Setup.

7. Ubah Network Name dan Password yang sudah kamu buat.

8. Kemudian ketuk opsi Next.

9. Aplikasi akan memperlihatkan detail data yang sudah kamu input sebelumnya. Jika dirasa sudah benar, selanjutnya kamu bisa klik Save.

10. Tunggu beberapa saat sampai konfigurasi di aplikasi selesai.

11. Jika konfigurasi selesai, maka halaman aplikasi akan memperlihatkan gambar centang besar.

12. Klik bagian Finish untuk menyelesaikan pengaturan.

Cukup simple dan mudah bukan cara setting wireless router tp link melalui HP Android? Setelah mengaturnya dengan handphone, maka kamu dapat melakukan kontrol secera lebih menyeluruh pada router TP link kamu. []

 






Posting Komentar untuk "Setting Wireless Router dengan Mudah dan Simple Melalui Handphone"