Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menutup Aplikasi Windows yang Hang

Cara Menutup Aplikasi Windows yang Hang - BerhasilKlik


Sedang semangat-semangatnya bekerja tiba-tiba aplikasi yang digunakan nge-freeze, tidak merespon. Apa yang harus dilakukan? Bagaimana cara menutup aplikasi Windows yang Hang?

Tenang. Problem seperti di atas tentu ada jalan keluarnya. Windows sudah menyiapkan exit route alias solusinya. Melalui artikel ini, Tim BerhasilKlik akan mengupas cara menutup aplikasi windows yang hang. 

Tahu Kan Penyebab Laptop Ngehang?

Laptop, dengan ukurannya yang compact dan ringkas jika dibandingkan dengan personal komputer, adalah hasil kompresi perangkat kerasnya.

Jadi secara sederhana akan ada perbedaan dalam kinerja komputasinya, meskipun memiliki spesifikasi yang identik dengan komputer.  

Baca juga:
Cara Mengaktifkan Keyboard Arab di Laptop 

Laptop hang atau ngehang bisa terjadi karena berbagai factor dan sebab. Bukan hanya karena hardware atau software saja, human error seperti pemakaian juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya ngehang sehingga aplikasi menjadi freeze. 

Sebelum membahas cara mengatasi laptop hang atau cara menutup aplikasi windows yang hang, kita bahas terlebih dahulu sejumlah penyebabnya. 

Penyebab Pertama Laptop Ngehang: File System Corrupt

Sesuai namanya file system corrupt yakni terjadi kerusakan atau hilangnya sejumlah file penting yang mendukung sistem. 

Cara memperbaiki laptop hang karena file system corrupt yakni menurunkan sistem operasi yang dipakai ke versi sebelumnya atau downgrade. Solusi lainnya yakni update ke sistem operasi terbaru, hal ini tentunya bisa dilakukan jika versi terbaru sudah dirilis.

Software Error

Software Error bisa terjadi karena berbagai sebab, entah itu karena pemakaian, adanya bug dalam software dan lain sebagainya. 

Jika laptop ngehang setelah kita membuka sebuah aplikasi, maka dipastikan softwarenya error. Cara mengatasinya yaitu tutup aplikasi dan buka Kembali (restart). Namun jika setelah berulang kali dicoba cara tersebut tidak mempan, maka re-install saja aplikasinya.   

Virus

Virus bisa menyebabkan kinerja laptop kita tidak maksimal. Bahkan mungkin saja menghambat kinerjanya hingga menyebabkan overheat, aplikasi windows ngehang dan lainnya. Cara mengatasinya yakni dengan memakai antivirus.

Driver Corrupt

Jika salah satu penyebab laptop hang di atas karena file system corrupt, maka driver corrupt juga bisa menjadi salah satu sumber masalahnya. 

Driver yang Corrupt menyebabkan jaringan komunikasi antara system dengan software terputus sehingga aplikasi tidak bisa digunakan.

Aplikasi yang Dijalankan Bersamaan Terlalu Banyak

Nah pada umumnya penyebab aplikasi Windows ngehang adalah karena terlalu banyak aplikasi yang dijalankan pada waktu yang bersamaan. Sementara kapasitas laptop itu sendiri tidak mumpuni. 

Kapasitas sebuah laptop bukan saja soal RAM saja, juga ada prosesor, memori internal dan dalam beberapa kasus kartu vga juga ikut berpengaruh. Hal tersebut harus diperhatikan. 

Apalagi jika aplikasi yang dijalankan termasuk makan resources yang besar, ditambah multitasking aplikasi lainnya. Nah hal tersebut bisa menyebabkan aplikasi Windows hang.

Kapasitas RAM Kecil 

Kapasitas RAM yang kecil bisa menyebabkan laptop hang. Itu karena RAM adalah hardware yang berperan besar ketika sebuah aplikasi dijalankan.

Ketika kapasitas RAMnya kecil sementara aplikasi membutuhkan ruang cukup besar untuk menjalankannya, maka kemungkinan hang terjadi akan lebih besar.

Overheat

Overheat atau panas adalah hasil kombinasi dari pemakaian nonstop yang tidak didukung oleh sistem pendingin yang memadai. Hasilnya hang. 

Dalam beberapa kasus bahkan overheat bisa menyebabkan laptop terbakar.

Cara Menutup Aplikasi Windows yang Hang

Bagaimana cara mengatasi laptop yang ngehang? Pertama melalui Task Manager. 

Jika sistem tidak terkunci total atau hanya aplikasi windows tertentu yang ngefreeze alias alias tidak merespon inputan sama sekali, sobat BerhasilKlik bisa mencoba membuka Task Manager untuk menutup aplikasi tersebut. Caranya, tekan kombinasi tombol "Ctrl + Shift + Esc" secara bersamaan. 

Setelah muncul tab task manager, maka cari aplikasi yang berhenti. Aplikasi yang macet biasanya ditandai dengan keterangan "Not Responding". Klik kanan pada aplikasi yang dimaksud, kemudian klik kanan Kembali dan pilih End Task. Maka aplikasi yang tadi freeze sudah tertutup. 

FYI: Selain kombinasi tombol "Ctrl + Shift + Esc", gabungan "Ctrl + Alt + Del" juga bisa mengarahkan sobat ke menu task manager. 

Reboot Laptop

Reboot atau merestart laptop jadi salah satu cara menutup aplikasi windows yang hang. Memang hal ini sederhana, namun umumnya dalam beberapa kasus cara ini efektif digunakan. 

Reboot laptop berarti mengulang proses yang sudah dilakukan sebelumnya dan bisa mengatasi error yang terjadi. 

Cara Shutdown Windows tanpa Melalui Menu Start

Terkadang tombol Start atau taskbar juga ikut nge-freeze sehingga menu shutdown tidak bisa diakses. Untuk mengatasinya, berikut langkahnya.

1. Meluncurkan Ulang Windows Explorer

   - Buka Task Manager (Ctrl + Shift + Esc).

   - Cari aplikasi "Windows Explorer".

   - Klik kanan dan pilih "Restart".

   - Jika nama "Windows Explorer" tidak ada di Task Manager, maka aplikasinya sendiri mengalami crash. Luncurkan ulang dengan cara klik File > Run new task, kemudian ketik "explorer.exe" tanpa tanda kutip.

2. Menjalankan Command Prompt

   - Buka Task Manager.

   - Klik File > Run new task.

   - Ketik "cmd" untuk menjalankan Command Prompt.

   - Selanjutnya, ketik "shutdown /s /t 0" tanpa tanda kutip dan tekan "Enter".

Nah demikian pembahasan Cara Menutup Aplikasi Windows yang Hang. Setelah melakukan tips di atas, BerhasilKlik kan? Semoga bermanfaat. Nantikan artikel menarik lainnya dari BerhasilKlik. [] 


Posting Komentar untuk "Cara Menutup Aplikasi Windows yang Hang"