Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki System32 yang Terkena Virus dengan Sederhana

Cara Memperbaiki System32 yang Terkena Virus


Sebelum kita membahas cara memperbaiki sytem 32 yang terkena virus, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan system32? 

System32 merupakan folder yang terdapat pada semua jenis Windows, sejak Windows 2000. Foldernya terletak di C:\Windows\System32 dan termasuk semua jenis file dan folder yang penting untuk fungsi normal Windows.

Guys, sebenarnya sytem32 yang terkena virus itu hal yang sangat wajar terjadi. Terlebih lagi jika computer atau laptop sering terhubung ke internet.

Baca juga:
Cara Menutup Aplikasi Windows yang Hang

Cara memperbaiki system32 yang terkena virus memanglah tak selalu mudah.  

Di bawah ini merupakan cara memperbaiki sytem32 yang terkena virus. Simak penjelasannya ya!

Apa Itu System32?

System32 adalah salah satu bagian folder paling penting dalam sistem operasi Windows. Di dalam System32 berisi file-file esensial yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi dan proses system, Windows seperti DLL Files, Executable. 

Cara Memperbaiki System32 yang Terkena Virus

1. Unduh Program Antivirus

Cara memperbaiki System32 yang terkena virus adalah dengan mengunduh suatu program antivirus. 

Kamu dapat memilih dan mengunduh salah satu dari banyaknya program antivirus yang tersedia. Kemudian, kamu hanya perlu scan atau pemindaian awal agar virus dapat terdeteksi, dan kamu bisa langsung menghapus virusnya. 

Namun, akan lebih baik jika kamu menggabungkan antivirus luar dengan antivirus lokal. Sekarang ini virus-virus lokal sudah mulai menyebar di sekitar kita. 

Jika dengan cara scan antivirus ini tidak berhasil, jangan khawatir karena masih ada banyak cara memperbaiki sytem32 yang terkena virus ini.

2. Pakai Command Windows

Cara memperbaiki sytem32 yang terkena virus selanjutnya dengan menggunakan Command Windows, yakni dengan mematikan virus di memori. 

Metode ini bisa dilakukan dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan hingga diarahkan pada tampilan Windows Task Manager.

Apabila Windows Task Manager terbuka, masuk ke menu Processes, lalu ketuk bagian User Name agar file yang diurutkan dapat diproses pada memori. 

Terakhir, perhatikan kembali apakah ada bagian yang mencurigakan atau tidak.

3. Matikan Startup yang Auto Loading

Loading virus ke memori biasanya berbentuk EXE file. Cara ini bertujuan untuk mencegah virus supaya tidak menyebar terlebih dahulu lewat memori. Dengan cara mematikan semua file ‘EXE’ yang loading di memori berdasarkan User Name. 

Akan tetapi jangan matikan file dengan kategori System, Local Service, dan Network Service, sebab hal tersebut dapat membuat sistem laptop kamu mengalami gangguan atau Freeze.

4. Nonaktifkan Virus yang ada pada Startup

Supaya menon-aktifkan virus tidak ter-loading ke memori, kamu harus menghentikannya pada startup. 

Langkah yang bisa kamu ambil, ialah dengan menggunakan perintah ‘msconfig’ dengan cara ketuk bagian Stаrt>Run> msconfig. Tapi bisa juga dengan langkah ketik Windows+R secara bersamaan. 

Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan System Configuration Utility. Kemudian ketuk Startup, namun, jika kamu belum tahu persis mana proses loading virus atau bukan, sebaiknya pilih Disable AƖƖ.

5. Menggunakan fasilitas search di Perangkat Windows 

Kamu dapat menggunakan fasilitas search di perangkat windows dengan ketuk menu Stаrt>Search, kemudian temukan file ‘EXE’ virus yang sebelumnya loading di memori atau startup. 

File ini biasanya selalu disimpan oleh pembuatnya di bagian folder Windows atau System32 dari Windows. Sesudah itu, kamu bisa pilih delete atau hapus file yang diinginkan.

6. Hapus virus dari System Registry 

Kamu harus menggunakan perintah ‘REGEDIT’ jika ingin mengubah dan menghapus virus dari registry-mu. 

Langkahnya dengan masuk ke bagian Stаrt>Rυn>regedit. Kemudian pergi ke menu Edit dan pilihlah Find (atau tekan Ctrl+F) secara bersamaan. Lalu masukkan nama file virus yang ingin kamu hapus (contoh: virus.exe), lalu pilih Find Next. 

Jika kamu menemukan file virus, kamu bisa hapus semua registry yang memuat virus tersebut. Lanjutkan dengan tekan tombol ‘F3’ atau ketuk menu dan pilihlah Edit terus Find Next.  

Seringnya file virus ini terletak pada beberapa tempat di registry. Periksa kembali apakah kamu telah menghapus seluruh file yang dihapus hinggs bersih, dalam arti registry laptop bebas dari loading virus tersebut. []



Posting Komentar untuk " Cara Memperbaiki System32 yang Terkena Virus dengan Sederhana"